26 Feb 2011

Alhamdulillah atas semua rezeki yg pernah Kau beri

dalam hidup, selama perjalanannya dari semenjak lahir hingga sampai nafas yg terhembus di detik ini tentu sudah tak terhitung nikmat yg kita terima. anugerah demi anugerah tiada henti menghampiri kita meski terkadang itu tanpa kita sadari. ada banyak rezeki yg datang setelah sekian lama kita memintanya dg sepenuh hati memohon, namun tidak sedikit pula rezekiNya jatuh ke tangan kita secara tiba-tiba tanpa terfikirkan sebelumnya. mungkin itulah cara 4JJI menjawab do'a-do'a kita. ada banyak hal yg lgsg Dia beri saat kita minta, ada banyak hal pula yg ditangguhkanNya terlebih dahulu selama beberapa waktu utk melatih kesabaran kita & ada bbrp pula yg tidak diijabah olehNya namun justru diganti oleh anugerah yg jauh lebih nikmat dari yg kita minta. berkah yg jauh lebih membawa maslahat & kebaikan bagi hidup kita. sungguh tak bisa terbantahkan oleh dalih apapun bahwa itulah bukti nyata kemurahan hati dari Dia sang Maha Pemberi.

begitu juga dg hidupku. ada banyak sekali teka-teki di sana. ada berjuta do'a yg melalui jln berliku sbelum sampai menuju ke pintu ijabah. namun tak terkira pula banyaknya anugerah yg ujug-ujug tiba begitu saja. terkadang aku dibuat tersungkur dlm sujudku hingga terdiam bungkam diujung lirih do'aku saat berkali2 kutunggu Dia menoleh & mngulurkan tanganNya namun ternyata Dia msh berkata "sabar belum rezekimu sekarang". namun tak sekali pula aku terjebak dlm lingkaran tanda tanya hingga tercekat bisu dlm sujud syukurku saat beberapa nikmat datang bertubi dlm waktu yg serentak sekaligus.

aku prnah hrs bersabar hgg 4 thn dmi mempertahankan sebuah pekerjaan sambil menyibukkan diri dg beberapa sidejob lainnya yg bnar2 menguras tenaga & fikiranku. aku prnah apply bbrp aplikasi beasiswa S2 dr founding manapun & sempat bolak balik test saat lolos stiap tahap dmi tahapnya hgg mnguras banyak waktu & biaya tentunya. namun disaat smua aplikasi beasiswaku tak ada kabar brita kelanjutannya lg setelah itu, saat itu pula pekerjaan utama yg kupertahankan nyaris hilang. semua mjd serba tidak jelas & jauh dr apa yg diharapkan. tp tak disangka tak dinyana disaat kufikir semua sdh lepas dari tanganku, ternyata justru kmudian anugerah itu datang bertubi2 menghampiri. aplikasiku lolos tp kemudian aku hrs mengorbankan 1 beasiswa LN saat beasiswa di tanah air telah kadung kujalani & krn sesuatu hal yg menuntut keberadaanku. sungguh, belajar & berkelana di negara org lain, negeri baru & asing adalah impianku namun ternyata berbagai kemudahan & berkah2 lain yg kemudian kurasakan ketika kucoba memaknai sekolah di negeri sndiri pun sdh "cukup" bagiku. lalu kembali disaat ada tawaran beasiswa double degree ke LN dr kampusku, disaat itu pula SK pekerjaan tetapku keluar. disaat lolos sbuah courses di LN terkait pekerjaan yg lain, saat itu pula justru aku wajib ada di kampus. disaat ada tawaran rekomendasi sekolah lanjutan brikutnya lg dr supervisorku, saat itu pula pekerjaan menuntut konsentrasi penuhku. skrg saat waktuku utuh di pekerjaan, saat itu pula kampus mengajak kembali dlm rutinitas yg menggelitik rasa kerinduanku akan aktivitas yg mmg kuminati, kembali dg diimingi tawaran yg dulu blm bisa kupenuhi.

sungguh hidup ini penuh dg teka-teki. semua adalah misteri. rahasia 4JJI, yg menebaknya saja belum tentu kita bisa apalagi menguak tabirNya. nikmat & ujian kadang terlihat sebagai satu paket yg saling bersebrangan namun dilain sisi kadang terlihat begitu teramat sangat tipis hgg hampir tak bisa dibedakan. ujian kesabaran bisa mjd sebuah nikmat manakala ia bisa mjdkan kita lebih dekat & mesra padaNya demikian pula nikmat bs jg mjd sebuah ujian manakala ia datang dg menuntut kesabaran & kejernihan hati kita dlm memilahnya. namun terlepas dari itu tak ada satupun yg layak utk kita sesali ataupun kecewa atasnya. krn hidup itu pun sendiri sejatinya sudah merupakan sebuah anugerah tak ternilai yg lebih teramat sangat wajib kita syukuri tentunya. adapun nikmat & ujian yg menyertai hidup itu sndiri adalah bonusnya bukan? & disitulah letaknya seni hidup menurutku.

demikian juga dg anugerah-anugerah yg pernah datang menghampiri kita, kemudian harus kita ikhlaskan salah satu atau salah duanya krn tak mungkin bs dipaksakan utk dijalani secara bersamaan sekaligus. rasanya tak patut kusesali semua itu. tak patut kusesali ketika Dia mendidikku utk tidak serakah. tak layak kusesali ketika Dia membelaiku sambil berkata "Ku beri kau tp sabar, pelan-pelan saja, satu-persatu pasti lebih baik". aku justru bersyukur mengingat semua itu. aku bersyukur bahwa aku pernah mendapatkan nikmat itu. aku bersyukur semua anugerah itu pernah menghampiriku bahkan telah sampai di tanganku, hgg beberapa kali bahkan. namun jika kemudian itu hrs ku lepas, tiada lain krn Dia lebih tau apa yg lebih baik bagi hidupku. saat Dia membimbing hatiku utk mengikhlaskannya, aku yaqin Dia justru telah memilihkan yg terbaik utkku. sementara tugasku hanya menjalani & mensyukuri apa yg telah dipilihkan olehNya utkku. jika tidak saat itu, mungkin nanti di lain waktu, dlm bentuk yg sama atau wujud yg lain lg. karena yakinlah, selalu ada hikmah dibalik semua peristiwa yg mungkin jauh akan lebih indah dari sebelumnya. amin

6 komentar:

  1. Iya hidup itu teka-teki :)
    karena hidup ini kan bukan punya kita, tapi punya Tuhan yg mengatur jalan hidup kita..

    Kuncinya bersyukur senantiasa, itu bner banget :)

    BalasHapus
  2. kuncinya kita harus selalu mensyukuri apapun yang diberikan NYA, karena pasti itulah yg terbaik utk kita ya Mey .
    salam

    BalasHapus
  3. Dengan bersyukur kita akan selalu mengingat Allah

    BalasHapus
  4. @ mb eka, bunda Ly, mb lidya : ya. mnerima & menjalani dg penuh kesyukuran. smg selalu. amin

    BalasHapus
  5. wah jadi bingung ya Mbak...
    dulu apply sana sini, gak ada kabar.
    sekarang tawaran menggiurkan malah datang bertubi tubi. semuanya godaan....
    semuanya ujian....

    mohon petunjuk ke Allah Mbak, mana yang terbaik

    BalasHapus
  6. mb elsa : itulah teka-teki hidup kan mb. yup sll mhon ptunjuk. stiap saat. apapun itu.

    BalasHapus