30 Okt 2010

jan tenan, cueknya

Dari hari pertama gempar dg meletusnya gunung Merapi, seluruh keluarga besar pun ikut heboh. semua tertuju pada pertanyaan "gimana dg kabar mms di Jogja sana?". sebagian lgsg menelpon sebagian lg menanyakan lewat sms & tak sedikit pula yg bertanya lewat aku. mas2, mbak2, ponakan2, adek2, bapak2, ibu2 & teman2 jg tetangga. intinya mereka ikut mencemaskan keadaan mms yg kebetulan posisinya agak berdekatan meski dalam radius yg tidak terlalu berbahaya.

Tapi dasar cueknya, sejak hari pertama dg cemas kutanya "mms pie?". "tenang aku aman, rapopo kok iki kan radius'e jik adoh". aku trs blg "weh semua pd nanya kbr mms iki, apa mms g ngabari mreka toh?". e mlh dijawab "iyo, mau wis tak bales sms'e mb pisan kok". "mbok telp lah mms semua keluarga nih biar mereka bs lgsg denger suara mms jd bener2 yakin nek mms baek2 aja". "lah hpku ki lowbath'e tar nek tak pake nelpon mlh mati sisan lah pie". "yuh mms mbok di cas gitu loh". "weh aku ki ning kantor manitia rung rampung2'e jd rung iso mulih kos rung iso ngecas, nek do tekok omong we nek aku rapopo ngono yo" halahlah. jadilah pasca itu aku hrs menjawab sms, mengirimkan pesan berantai & menelpon utk beliau2 yg plg penting utk dikabari.

Demikian jg pasca letusan berikutnya td malem, kecemasan terulang lg. kutanya "mms pie td malem?" e mms mlh jwb "aku mlh g'ngerti nek smalem tuh mledak lg'e, pas kebangun jam 3 td pagi aku cm ngerasa baunya g'enak bgt, nyengat kayak bau mercon abis mledak gitu loh, lah tak tutup wae mukaku pake kain sarung trus bobok lg" ya ampun. "ngungsi we mms, wis bahaya ngono kok". "weh ngungsi pie wong iki jik sibuk manitia diklat kok, double2 mlh acarane iki jadine wara wiri cuapek tenan nganti wis ra sempet mikir sing meletus malah, mung sempet nyawang TV sedelok2 tok" hadoh doh. "yo wis tp tuku masker gitu loh mms, bahaya'e kehirup abunya tuh". "iyo, ora sah tuku wong ning kantor ki mlh dibagike gratis kok iki". "lah mms make ra?". "yo nek ning jobo wae, dlm ruangan males aku, ki nerima telp wae tak copot kok, ra nyaman'e ngomong sambil maskeran lagian ko ra krungu'e". lah lah kepiye toh mms, wong nelpon ki mergo khawatir kok sing ditelp malah ra ngurus awak'e. jan jan tnan.

*meski sibuk manitia diklat trs,
tp Minggu besok ttp pulang loh ya mms




Tidak ada komentar:

Posting Komentar