14 Okt 2010

nasib..nasib

hai temans...pernahkah kalian punya pengalaman buruk tapi sekaligus lucu bersama hewan?
aku pernah bahkan sampe beberapa kali seingatku. pengalamanku yg pertama yaitu dulu waktu kecil aku pernah disosor angsa sodara...lah kok? waktu itu lg maen sembunyi2an alias petak umpet dg teman2, nah krn pengen jangan sampe ketauan jd dg semangat aku lari sembunyi di semak2 yg sangat rimbun....ealah ternyata saat noleh di belakangku sdh ada angsa yg dah siap memangsa...jadilah aku yg ketangkep pertama kali oleh temanku karena sembunyi sambil jejeritan sendiri...hihihi.

trs pas kuliah S1 saat fieldtrip ke Air terjun Tawang Mangu, waktu itu monyet2 yg dilindungi di sana dibiarkan hidup berkeliaran bebas di atas pohon2nya (entah saat ini gmn). nah saat kami beramai2 naik tangga untuk pulang tiba2 seekor monyet datang & naek ke badanku, masyaAllah seketika itu jg dia menggerayangi pundak & tanganku. temen2ku berlarian ketakutan sambil teriak2 minta tolong, sementara aku lgsg tersekat diam g'bs ngomong krn kaget, cemas & ketakutan. pas dosenku ngeliat lgsg beliau teriak blg "tenang mey jgn bergerak, diem aja di sana!" kemudian dia berlari turun mendatangiku lalu secepat kilat dia menyambar kresek di tanganku & lgsg melemparkannya agak jauh dariku. saat itu jg si monyet lgsg turun mengejar kresek td, sementara aku terkulai lemas. Lgsg aku dikrubuti teman2 & dosen2ku...semuanya tersenyum cemas, ternyata eh ternyata dia memilihku krn bungkusan makanan di tanganku sodara..oalah.

pengalaman berikutnya waktu fieldtrip jaman S1 jg ke Kebon Binatang Surabaya, waktu tiba di kandang Onta aku minta difoto dg latar onta di belakangku. pas aku sdh menghadap ke depan siap2 utk difoto, tiba2 si Onta menjulurkan leher & kepalanya lgsg nyosor nyium pipiku dg suksesnya..huahaha....maen slonong boy aja dia.

pengalaman lain lg saat di Gembiro Loka Jogja, di sana ada 3 ekor orang utan yg tampangnya lucu & badan besar2. mereka sdh dilatih sedemikian rupa shg sdh sgt pinter2 bahkan mereka sdh diberi nama panggilan sendiri2. karena mereka dianggap tdk membahayakan, kitapun boleh masuk kandang & bercengkrama bersamanya. dia suka diajak tos & bs menirukan semua gaya kita. nah saat mau berfoto kami ajak dia berbaris rapi bertiga dg diselingi aku berdua dg temanku. sehingga kami berlima berdiri tegap dg urutan si Sri, aku, jeng Tuti, temenku lalu Tante Noni. lah tiba saat di foto dg santainya tangan kiri si Sri menggandeng bahuku dr belakang sementara tangan kanannya menggantung di leherku dr depan.....tentu sj aku lgsg giloo00....kegelian & lari bubar jalan...oalah Sri Sri...ternyata saking fotogenicnya dia mlh mengajakku berlagak bak pasangan mesra...hahaha kacau tenan.

Nah pengalaman terakhir baru2 saja ini terjadi, saat itu aku diminta bantuan dosenku yg kebetulan skrg jd Dekan di Fakultasku S1 dulu utk ikut dlm proyek Penelitian hibah Diktinya. krn aku sdh terlibat 1 thn di Proyek dosen pembimbingku sndiri jaman S2 (waktu itu hanya proposal para Prof yg lolos & 2 org Dosenku termasuk didlmnya) maka aku g'punya cukup waktu lg utk ikut beliau secara total tp hanya bs bantu mencarikan sampel yg akan di treathmen yaitu sampel DNA semua jenis sapi lokal asli Indonesia. untuk sampel dari wilayah lain krn bs lgsg dibawa ke lab lbh cepat jd bs diambil dr spesimen darah sapi, cukup dg menyuntik & menyedot 1 spet kecil darah+EDTA. Tp untuk jenis sapi pesisir Sumatera sengaja kuambil di daerahku, ciri2nya berbody rendah & kecil tapi lebih lincah & liar. krn berencana dibawa ke lab-nya msh agak lama jd sampel g'boleh berupa darah (dikhawatirkan cepat rusak), maka sampel pun hrs berupa folikel akar rambut pada ekor sapi, dmn dr 1 ekor hrs diambil sebanyak 20 lembar rambut padahal total sapi yg dibutuhkan adlh sebanyak 30 ekor.


nah di sini masalahnya, kl hanya sekedar rambut ekor jelas bs diambil cukup dg menggunting saja selesai...sodara. tp berhubung yg dicari adlh folikel di akar rambut yg bersih tanpa terkontaminasi kotoran berarti tak lain & tak bukan, satu-satunya cara yaitu hanya dg mencabut satu persatu secara perlahan2 sebanyak 600 lembar rambut di ekor sapi. hwa?? setelah dicoba, ternyata dicabut bulu ekor itu sakit sodara...buktinya si sapi melawan dg menendangkan kakinya.....haiya. dari sana coba bayangkan sodara, berapa kali aku harus terkena tendangan sapi? astaga!! saking parahnya krn trauma berapa kali ditendang sapi, akhirnya aku minta bantuan pemiliknya utk memegangi kaki si sapi....tp alamak jstru mlh dia mengibaskan ekornya sekuat2nya... kesimpulannya sdh kena tendang kaki kena pecut pula sama ekornya....nasib nasib.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar